Senin, 04 November 2013

Total 10 Poin Di Pekan ke-10 hasil 4-6-0 ala Allardyce

Review match week 10: West Ham 0-0 Aston Villa

Paul Lambert nampaknya cukup puas dengan hasil imbang melawan 'kembaran' Aston Villa yaitu West Ham United di Boleyn Ground, Upton Park (2/11). Bagaimana tidak, dari statistik pertandingan yang menunjukkan bahwa Villa sangat beruntung dan berhasil membuat keberuntungan itu kala pasukan Allardyce terus membombardir mereka, terutama sejak awal babak kedua.


Memainkan formasi 4-6-0 di kandang, Allardyce sepertinya mulai lelah memikirkan siapa yang hendak mengisi posisi terget man striker di timnya. Cederanya Andy Carroll sejak awal musim, Rucaedo Vaz Te yang harus absen 3 bulan dimulai sejak pekan lalu kala melawan Manchester City, cederanya Mladen Petric, serta belum dipercayanya Carlton Cole yang baru direkrut kembali pertengahan Oktober membuat Big Sam memperkuat alasannya memakai pola 4-6-0 di kandang. Apalagi semanjak kemenangan 3-0 atas Tottenham Hotspur di White Hart Lane nampaknya membuat Big Sam pede memakai formasi dengan false nine. But it was literally false.



Kevin Nolan 'dipaksa' menjadi false nine atau penyerang palsu. Hasilnya? Banyak umpan cantik dari sayap kanan dan kiri oleh Stewart Downing dan Matt Jarvis yang terbuang percuma. Statistik whoscored meunjukkan bahwa Downing adalah pemasok key passes terbanyak kedua (16) tapi tidak membuahkan assist. Mengapa? Ya, masalah di lini depan West Ham. Modibo Maiga? Tampaknya Big Sam sudah kehilangan kesabarannya atas topskor Ligue 1 itu.

West Ham kini berada di peringkat 14 tabel klasemen BPL. 10 pertandingan yang dijalani, 8 gol yang dibuat. Allardyce juga bekomentar atas hasil imbang di kandang ini:

"Kami telah berusaha sengan sangat, sangat terbaik untuk mendapatkan semua kemenangan penting, tapi salah satu hal yang paling penting adalah memastikan kita tidak menderita kekalahan, dan lini pertahanan kami sangat mengagumkan, selain dari satu situasi ketika (Christian) Benteke mendapat sundulan yang membentur mistar," ujar Big Sam.
  
"Jadi kita sudah membatasi Aston Villa hanya untuk satu kesempatan di seluruh permainan. Kami telah membatasi mereka hanya delapan crossing ke area penalti kami dan kami telah menempatkan 38 bola ke dalam daerah penalti lawan" lanjutnya.

Sekarang kita tunggu apakah Sam Allardyce akan memasang 4-6-0 lagi kala bertandang ke Carrow Road akhir pekan ini dan memanfaatkan kehanduran mental Norwich setelah dibantai 7-0 oleh Manchester City? Kita tunggu. (hammersindo/teguhrama)



Stastistik oleh whoscored dan BBC sports.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada 1.000.000 pembaca Rss Feed sudah bergabung, Sudahkah anda?